IDENTITAS PESERTA DIDIK
Nama :
………………………
No.
Induk Siswa :
………………………
Tempat
dan Tanggal Lahir : ………………………
Alamat :
………………………
Telephone : ………………………
Agama :
………………………
Tinggi Badan : ………………………
Berat Badan : ………………………
Golongan Darah : ………………………
Sekolah :
………………………
Kelas :
………………………
LEMBAR PENGESAHAN BENGKEL
Laporan
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) telah disetujui dan disahkan
sebagai salah satu syarat untuk menempuh UN/US Tahun Pelajaran 2020/2021 pada:
Hari : ………………………
Tanggal : ………………………
Tempat :
………………………
Mengetahui,
Pembimbing PKL Pimpinan Bengkel
……………………… ………………………
NIP. NIP.
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) telah disetujui dan disahkan
sebagai salah satu syarat untuk menempuh UN/US Tahun Pelajaran 2020/2021pada:
Hari : ………………………
Tanggal : ………………………
Tempat
: ………………………
Kepala
Program Studi BO Pembimbing
Prakerin
………………………
………………………
NIP. NIP.
Mengetahui,
Kepala ………………………
………………………
NIP.
MOTTO
Ø " Sesuatu mungkin mendatangi mereka yang mau
menunggu, namun hanya didapatkan oleh mereka yang bersemangat mengejarnya
"
Ø Sabar dalam mengatasi kesulitan dan bertindak
bijaksana dalam mengatasinya adalah sesuatu yang utama.
Ø " Jangan tetap tinggal dimasa lalu, atau
bermimpi tentang masa depan, namun pusatkan perhatian anda pada masa sekarang
"
Ø Keberhasilan adalah
kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan kekegagalan
berikutnya tanpa kehilangan semangat.
Ø " Jika anda memiliki keberanian untuk memulai,
anda juga memiliki keberanian untuk sukses. "
Ø " Melalui kesabaran, seseorang dapat meraih
lebih dari pada melalui kekuatan yang dimilikinya. "
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT
atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga dapat menyelesaikan tugas akhir
dari kegiatan Pratek Kerja Lapangan yang dilaksanakan yaitu menyusun Laporan
Praktek Kerja Lapangan.
Laporan
ini di susun berdasarkan kegiatan yang di laksanakan selama tiga bulan mulai
dari tanggal 01 Maret 2021 sampai dengan 30 April 2021 di Bengkel Nama smk
Laporan
praktik kerja lapangan disusun sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian
akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional(UAN) dan sebagai bukti bahwa saya
telah melaksanakan praktik kerja lapangan di bengkel Nama smk.
UCAPAN TERIMA KASIH
Setelah
terlaksananya Praktek Kerja Lapangan
hingga terselesaikannya penyusunan laporan ini, tidak lepas dari bantuan
berbagai pihak. Oleh karena itu, penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
- Bapak
Prihatin ................. selaku
Kepala Nama smk yang telah mengizinkan penyusun melaksanakan PKL di Bengkel Nama smk
- Bapak ................. selaku guru
pembimbing yang telah membimbing dalam pelaksanaan PKL.
- Bapak .................a, selaku Pembimbing di
Bengkel Nama smk yang telah
memberikan bimbingan dan pengarahan dengan baik selama pelaksanaan PKL di
Bengkel Nama smk
- Seluruh Bapak dan Ibu
guru NAMA SMK yang telah memberikan dukungan dan bimbingan dalam
pelaksanaan PKL.
- Orang
Tua yang telah memberikan bantuan baik secara materiil maupun non materiil.
- Semua
pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan PKL dan dalam
penyusunan laporan.
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa
laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari
semua pihak sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Semoga laporan ini dapat memberikan
manfaat khususnya bagi penyusun dan umumnya bagi para pembaca.
Kebasen, April 2021
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL..............................................................................
i
IDENTITAS PESERTA DIDIK ........................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN BENGKEL........................................... iii
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH........................................... iv
HALAMAN MOTTO............................................................................. v
KATA PENGANTAR............................................................................ vi
UCAPAN TERIMA KASIH................................................................. vii
DAFTAR ISI.......................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang PKL................................................................... 1
B. Tujuan
PKL ................................................................................ 2
C. Waktu
dan Tempat PKL ............................................................ 2
BAB
II ISI LAPORAN PKL
A. Sejarah
Singkat Industri ( Struktur dan Denah )
........................ 3
B. Kompetensi................................................................................. 3
C. Pengetahuan dan Keterampilan Baru.......................................... 8
D. BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan............................................................................ 17
B.
Saran...................................................................................... 17
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
1.
Daftar Hadir
2.
Jurnal Harian
3.
…..
BAB I
PENDAHULUAN
Salah satu perubahan
penting dan mendasar dalam Sistem
Pendidikan Kejuruan yang dimulai Tahun 1994
dengan diterapkannya pendidikan sistem ganda yaitu suatu proses pendidikan di
dua tempat yaitu di sekolah dan di dunia kerja. Sebagai implikasi dari proses
tersebut maka SMK dituntut menjalin kemitraan dengan dunia kerja dan dunia industri
secara bersama-sama untuk menyelenggarakan suatu program pendidikan dan
pelatihan kejuruan, sehingga pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL) merupakan bagian dari
proses pendidikan di sekolah yang diselenggarakan di dunia kerja dan dunia
industri.
Sebagai tindak lanjut diselenggarakan proses
pendidikan sistem ganda, sekolah menjalin kemitraan dengan dunia kerja dan
dunia industri yang disebut Institusi Pasangan (IP). Sedangkan untuk mewujudkan
kemitraan antara sekolah dan dunia kerja dijembatani oleh Majelis Sekolah.
A. LATAR BELAKANG PKL
Pada dasarnya Nama smk dalam rangka
menuju SMK mandiri telah berupaya pada berbagai model pengadaan pembinaan dan
pengembangan dalam melaksanakan praktek kerja industri (Prakerin).
Dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL)
Nama smk mencoba paradigma baru yaitu mulai dari persepsi konsep dan wawasan
tentang peningkatan mutu berbasis sekolah serta sistem pengelolaan dan yang
terutama menyangkut perubahan sikap dan perilaku kerja pada peserta didiknya.
Sebagai wujud telah dilaksanakannya praktek kerja lapangan (PKL)
maka penyusun laporan ini dengan judul Laporan Praktek Kerja Industri Di Bengkel Nama smk untuk menceritakan dan melaporkan
kegiatan apa saja yang dilaksanakan dalam praktek kerja lapangan (PKL).
B.
Tujuan
PKL
1.
Bagi siswa
a.Setelah
tamat siswa mempunyai keahlian professional sebagai bekal untuk meningkatkan
taraf hidup dan pengembangan bagi diri
b.Setelah
tamatsiswa tidak memerlukan waktu tambahan untuk latihan lanjutan guna mencapai
tingkat keahlian yang siap dipakai di dunia kerja
c.Keahlian
yang diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri siswa yang
selanjutnya mendorong mereka untuk mencapai latihan profesinal pada tingkat
yang lebih tinggi
d.Mencapai
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan
2. Bagi
sekolah
a. Terjaminnya tujuan pendidikan
kearah keahlian professional
b.
Terdapat kesesuaian antara program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja
c. Memberi kepuasan bagi sekolah karena
tamatnya lebih terjamin memiliki bekal yang
bermakna bagi kita semua
a.
Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja
sebagai bagian dari proses pendidikan
C. Waktu dan Tempat PKL
Secara
rinci pelaksanaan Praktek kerja Industri adalah sebagai berikut :
Waktu :
01 Maret 2021-30 April 2021
Tempat/Instansi : Bengkel Nama smk
Alamat
BAB II
ISI LAPORAN PKL
A. Sejarah
Singkat Industri ( Struktur dan Denah )
Bengkel Nama smk berdiri
pada tahun 2013 dan diresmikan sekitar tahun 2015/2016.Dikelola oleh staf guru
kejuruan Bodi Otomotif dengan struktur bengkel milik pemerintah.Bengkel ini
digunakan untuk praktek di sekolah agar siswa mampu jika masuk didunia
industri. Untuk alamat bengkel di desa bentul RT 0 RW 0 Untuk kompetensi bengkel antara lain :
1.perbaikan panel bodi
2.audio sistem
3.permesinan
4.painting
B. Kompetensi
a.
Perbaikan Panel Body
1.
Teknik palu doly
a.
Teknik palu on-doly
Teknik
palu on-doly dilakukan dengan cara memukulkan palu pada bagian plat yang
terjadi kerusakan, sedangkan pada bagian bawahnya dilandasi dengan doly untuk
permukaan dengan kerusakan yang lebar, maka menggunakan doly yang hampir rata.
Sedangkan untuk kerusakan pada lengkungan bodi yang tajam, menggunakan doly
yang semakin cekung.
b.
Teknik palu off-foly
Teknik
palu off-doly dilakukan dengan cara memukulkan palu bagian diantara atau
disekeliling dari doly yang ditempatkan pada pusat plat yang penyok.
2.
Hot cool srinking
Teknik
ini dilakukan dengan memanfaatkan sifat dari logam yang dipanaskan dan
didinginkan. Logam yang dipanaskan akan memuai, sedangkan bila didinginkan akan
mengkerut. Plat bodi yang melengkung/penyok dipanaskan sampai warnanya memerah
(hati-hati : jangan sampai berlubang), kemudian didinginkan dengan air/udara
secara tiba-tiba.
3.
Penarikan
Teknik
menarik dengan vacuum cup apabila terjadi kerusakan plat bodi kendaraan akibat
benturan yang menyebabkan mulurnya plat bodi, namun tidak melebihi batas
elastisitas, dapat diperbaiki dengan menggunakan vacuum cup. Namun apabila pada
plat bodi mengalami kerusakan melebihi batas elastisitasnya (misalnya plat bodi
mengalami kerusakan membentuk sudut-sudut dan lainya) kemungkinan perbaikan
dengan vacuum cup sulit untuk mencapai hasil yang maksimal.
4.
Teknik batang pengungkit
(Pry
bar) perbaikan dengan menggunakan teknik ini dilakukan dengan menyelipkan pry
bar melalui celah sempit yang ada pada bagian bawah dari pintu, atau jika perlu
bisa membuat lubang pada pintu yang nanti akan ditutup dengan door trim.
5.
Teknik pengikiran
Kikir
digunakan untuk meratakan permuaan. Pada pekerjaan plat bodi kendaraan,
penggunaan kikir untuk meratakan permukaan plat sering sekali digunakan sebagai
contoh, plat yang mengalami kerusakan akibat tabrakan terkadang meninggalkan
sudut yang perlu diratakan dengan kikir. Demikian juga dengan bekas pengelasan
harus dibuat rata kembali. Penggunaan mesin gerinda kadang juga bisa
mempercepat menghilangkan cacat pada bodi. Namun agar hasilnya baik, maka
perbaikan akhir (finishing) lebih halus jika menggunakan kikir.
6.
Teknik pendempulan
Teknik
ini merupakan cara yang ditempuh sebelum melakukan pengecatam pada bodi
kendaraan yang baru saja diperbaiki. Dari beberapa teknik yang sudah
disampaikan diatas, kadang tidak bisa membuat permukaan plat bodi langsung
terlihat baik setelah perbaikan. Untuk menyempurnakan plat bodi agar sama
dengan hasilnya, maka digunakan dempul
7.
Teknik pemotongan dan penggantian bodi
Dalam
menentukan keputusan akan menggunakan metode mana kita bisa mendasarkan pada:
Membandingkan biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan atau mengganti
panel secara keseluruhan kemauan konsumen, kondisi mobil dan nilainya.
b.
Pekerjaan persiapan permukaan
1.
Aplikasi primer/cat dasar
Cat
dasar primer berfungsi melapisi plat bodi setelah diamplas untuk mencegah karat
dan menambah meratakan daya lekat adesi antara metal dasar dengan lapisan cat
berikutnya.
Macam-macam
cat dasar primer adalah sebagai berikut:
a.
Wash Primer
b.
Lacquer Primer
c.
Urethane Primer
d.
Epoxy Primer
e.
Dempul putty 88
1.
Tujuan dari persiapan permukaan:
a.
Melindungi metal dasar untuk pencegahan timbulnya karat dan
bintik-bintik
b.
Memperbaiki daya lekat adesi untuk meratakan daya lekat adesi antar
lapisan
c.
Memulihkan bentuk menjadi seperti bentuk aslinya ,dengan mengisi bagian
yang berkarat korosi,penyok dan goresan
d.
Merapatkan permukaan untuk pencegahan terhadap penyerangan material cat
yang digunakan pada pengecatan akhir
2.
Langkah-langkah persiapan permukaan
a.
Mengupas lapisan cat dan pengamplasan permukaan panel yang rusak
b.
Menggunakan cat primer pencegahan karat adesi
c.
Menggunakan dempul mengisi bagian penyok
d.
Mengamplas dempul memulihkan bentuk
e.
Menggunakan surface mencegah penyerapan adesi
f.
Mengamplas surface adesi dan memulihkan bentuk
g.
Menggunakan body sealer mencegah resapan air
h.
Lanjutkan langkah pengecatan
2.
Aplikasi Dempul
Dempul
digunakan untuk mengisi bagian yang tidak rata atau penyok dalam membentuk
suatu bentuk dan membuat permukaan halus. Terdapat beberapa tipe dempul
tergantung kedalaman penyok yang harus diisi material yang akan digunakan.
Dempul
terdapat tiga jenis yaitu:
1.
Polyester putty dempul plastic, pada umumnya mengandung extender pigment
90 dan dapat membentuk lapisan coat yang tebal dan mudah mengamplasnya, tetapi
menghasilkan tekstur kasar
2.
Epoxy putty, digunakan untuk memperbaiki resin part, tetapi dlam hal
kemampuan pengeringan, pembentukan, pengamplasan lebih buruk dari polyster
3.
Lacquer putty digunakan untuk mengisi goresan, lubang kecil paint hole
atau penyok kecil setelah surfacer
3.
Proses pengamplasan
Amplas
berfungsi untuk mengikis menghaluskan permukaan benda kerja dengan cara
digosokkan. Halus dan kasarnya kertas amplas ditunjukan oleh angka yang
tercantum dibalik kertas amplas tersebut. Semakin besar angka yang tertulis
semakin halus dan rapat susunan pasir amplas tersebut.
a.
Nomor-nomor amplas
1.
100
2.
200
3.
300
4.
400
5.
600
6.
800
7.
1000
b.
Cara mengamplas yang benar
a.
Pilihlah kertas amplas yang sesuai, kemudian potong menjadi 4 bagian
b.
Pegang ertas amplas, jika menggunakan landasan maka sisi kertas amplas
harus dipegang rapat landasan jangan menggunakan bahan yang keras (kayu/besi)
c.
Tekan kertas amplas secukupnya kemudian gerakkan pada permukaan.
C. Pengetahuan dan
Keterampilan baru
a.
Analisa kerusakan dan cara perbaikan
a.
Penyebab kerusakan dan metode perbaikan
1. BARET
(GORESAN) RINGAN
l
Penyebab:
Baret ini bisaterjadi
adanya gesekan dengan benda lain,seperti metode pencucian mobil yang
salah,metode mengelap yang salah,dan pemolesan kendaraan tanpa teknik yang
benar.
l
Metode Perbaikan:
Cara menghilangkan goresan
di bodi mobil seperti ini cukup dengan menggunakan produk pemoles
(wax,kompon,swil remover,maupun stratch remover)yang dioleskan/disemprotkan
pada kain berstekstur lembut (dapat menggunakan kain mikrofiber),lalu gosokan
berulang kali pada daerah body mobil yang tergores.Setelah itu sempurnakan
dengan menyemprotkan cairan polish agar permukaan cat mobil kembali bersih dan
mengkilap.
l
Biaya Perbaikan:
Jika goresan sifatnya masih ringan bisa saja untuk disamarkan atau
dihilangkan.Biasanya untuk harga bisa menyesuaikan sesuai banyaknya goresan.
2. BARET (GORESAN) SEDANG
l
Penyebab:
Baret pada bodi kendaraan
seperti ini bisa terjadi akibat adanya gesekan dengan benda lain,seperti
bergesekan dengan ranting pohon,pagar rumah,dll
l
Metode Perbaikan:
Jenis goresan ini menyentuh
kapisan cat dasar pada body mobil .Cara menghilangkan goresan seperti ini pada
body mobil yaitu dengan terlebih dahulu membersikan permukaan yang tergores
menggunakan greas remover dan wax.Setelah itu dapat dilakukan pengecatan ulang
pada body mobil yang tergores.
l
Biaya Perbaikan:
Jika diambil rata-rata biaya perbaikan berkisar Rp 200 ribu sampai 400
ribu.
3.
BARET (GORESAN) DALAM
l
Penyebab:
Baret ini
terjadi akbat adanya gesekan dengan benda lain yang sangat keras,seperti
bergesekan dengan pembatas jalan,ataupun terserempet dengan kendaraan lain.
l
Metode perbaikan:
Goresan
disebut dalam jika sampai pada lapisan dasar logam dan untuk
menanganinya,amplas ,dempul dan
cat perlu diaplikasikan.Mula-mula bagian yang tergores dihaluskan dengan amplas
dengan ketebalan 800-1000 grit kemudian lapisan orimer tipis diamplas kembali
dengan ketebalan 1200 grit.Beberapalapie penyemprotan cat dan tambahan thinner
akan mengembalikan kesemournaan mobil.Jika diperlukan pendempulan maka
pendemplan dapat dilakukan sebelum melakukan pengecatan.
l
Biaya Perbaikan:
Jika diambil rata-rata biaya perbaikan seperti ini
jika meman lebih dari satu titik berkisar sekitar 200-1,1jt
4.CAT MEMUDAR
l
Penyebab:
Pudarnya
warna cat pada body kendaraan dapat disebabkan oleh beberapa faktor,diantaranya
adalah karena adanya debu yang menempel pada body kendaraan dan tidak
dibersihkan dalam jangka waktu yang lama,air hujan atau air bekas mencuci mobil
yang didiamkan hingga mengering,dan terlalu sering memparkir kendaraan di bawah
terik matahari dalam jangka waktu yang lama.
l
Metode perbaikan:
Untuk
memperbaiki cat yang memudar pada body kendaraan dapat dilakukan dengan cara
memoles cat pada body kendaraan yang telah memudar.Untuk melakukan perlindungan
pada cat setelah dipoles gunakan cairan wax,Wax Polish atau Soft Wax
l
Biaya Perbaikan:
ü
Untuk harga setiap panel berbeda diantaranya:
ü
Seluruh bodi mobil=Rp 7.000.000
ü
Bamper depan dan belakang=Rp 600.000
ü
Pintu mobil=Rp 750.000-Rp 900.000
ü
Pengecatan atap mobil=Rp 1.500.000-Rp 2.000.000
5.CAT TERKELUPAS
l
Penyebab:
Terkelupasnya cat pada body kendaraan dapat disebabkan karena terlalu
lama atau terlalu sering membiarkan kendaraan terkena air hujan dan terparkir
di bawah terik matahari secara langsung,sehingga menyebabkan kualitas cat pada
body kendaraan menurun dan daya rekat cat pada body kendaraan menurun atau
berkembang.
l
Perbaikan:
Untuk
memperbaiki cat pada body kendaraan yang terkelupas adalah dengan cara mengecat
ulang body kendaraan dengan teknik pengecatan yang benar dan dengan cat yang
berkualitas baik.
l
Biaya Perbaikan:
Untuk harga menyesuaikan setiap bodi mobil antara lain
ü
Kabin atas:Rp 650.000
ü
Kap bagasi:Rp 350.000
ü
Per panel:Rp 350.000
ü
Fender per panel:Rp 350.000
6.KOROSI
l
Penyebab:
Korosi
pada body kendaraan dapat disebabkan karena:
1)
Bagian permukan yang catnya
terkelupas atau tergores hingga ke bagian besi,bagian yang tidak lagi
terlindungi ini rentan terhadap karat.
2) Endapan garam,debu,kelembapan atau bahan
kimia di bagian bawah atau frame mobil.
3) Tidak melakukan proteksi Anti Karat setelah
menerima mobil dari showroom
l
Metode Perbaikan:
Untuk
memperbaiki body kendaraan yang mengalami korosi dapat dilakukan dengan cara:
1)
Mengamplas bagian dari body kendaraan yang mengalami korosi hingga
bersih dari karat.
2)
Mendempulan bagian dari boi kendaraan yang telah diamplas dan bersih
dari karat.
3)
Melakukan proses pengecatan yang telah selesai didempul.
l
Biaya Perbaikan:
Biasanya untuk satu panel Rp 300.000,kalau karat itu
dua kali lipatnya tergantung besar perbaikannya
7.WATER
SPOT ATAU BERCAK AIR HUJAN
l
Penyebab:
Bercak-bercak Water spot yang timbul di body kendaraan hujan yang
dibiarkan mengering dibawah sinar matahari,kendaraan seperti ini bisa lebih
parah apabila kendaraan tidak langsung dicuci setelah terkena hujan yang
mengandung kotoran.
l
Metode Perbaikan:
Cara menghilangkan Bercak-bercak Water spot yang
timbul dibody mobil seperti ini cukup dengan mengunakan produk pemoles
(wax,kompon,swril remover,maupun stratch remover)yang dioleskan atau
dusemprotkan pada kain berstektur lembut (dapst menggunakan kain
mikrofiber),lalu gosokan berulangkali pada daerah bodi mobil yang mengalami
Water spot.Setelah itu sempurnakan dengan menyemprotkan cairan polish agar
permukaan cat mobil kembali bersih dan bercahaya.
l
Biaya Perbaikan:
Paket Waterspot Remover Jamur bodi dan kaca mobil
skitar Rp 95.000
8.BODY
PENYOT
l
Penyebab:
Penyot pad body kendaraan dapat disebabkan karena
terjadinya benturan antara kendaraan dengan benda keras,seperti menabrak
batu,pembatasan jalan,pagar,ataupun ditabrak oleh kendaraan lain sehingga
menyebabkan body kendaraan penyot.
l
Metode Perbaikan:
Untuk memperbaiki body kendaraan yang penyot dapat
dilakukan dengan beberapa cara seperti memvakum body kendaraan menggunakan alat
vakum ataupun dengan ketok magic di tempat spesialis ketok magic.
l
Biaya Perbaikan:
Untuk harga penyok halus dikenakan tarif sekitar Rp
75.000
Jika mobil yang dikerjakan contohnya avanza biayanya
sekitar Rp 20.000.000,karena biasanya banyak part-part yang butuh diganti baru
dan nge-press rangka.
9.KEROPOS
l
Penyebab:
Penyebab terjadinya keropos pada body kendaraan dapat
diakibatkan karena adanyaair yang tergenang dibagian body kendaraan yang
terlalu lama dibiarkan,sehingga terjai koroi yang lama kelamaan akan membuat
body kendaraan menjadi keropos.Atau membiarkan salah satu bagian body kendaraan
yang mengalami korosi dalam jangka waktu yang lama sehingga body kendaraan
menjadi keropos.
l
Metode Perbaikan:
Untuk memperbaiki body kendaraan yang mengalami
perkeroposan dapat dilakukan dengan cara yaitu mengganti panel pada bagian body
kendaraan yang keropos atau memotong bagian dari body kndaraan yang telah
keropos dan menambal dengan panel yang baru,kemudia dilakukan pengelasan, pendempulan, dan
pengecetan ulang.
l
Biaya Perbaikan:
Bila yang kropos sekitar 10cm akan dikenakan harga sekitar Rp 150.000-Rp
200.000 tergantung kerumitan biaya lasnya Rp 250.000
10.BEMPER
PECAH
l
Penyebab:
Penyebab terjadinya pecah pada body kendaraan dapat
disebabkan oleh benturan dengan benda keras,tabrakan atau tertabrak oleh
kendaraan lain di jalan.
l
Metode Perbaikan:
Untuk memperbaiki body kendaraan yang mengalami pecah
dapat dilakukan dengan cara yaitu menyambung bagian yang pecah dengan
menggunakan lem khusus dan kemudian mendempul pada bagian sambungan dan
kemudian dilakukan pengecetan ulang.Atau dapatjuga mengganti dengan suku cadang
yang baru.
l
Biaya Perbaikan:
Jika lecet atau penyok pada bemper mobil sepanjang
10-20cm .Maka dipatok harga berkisar 100-150 ribu tergantung tingkat kerusakan
11.DEMPUL
TERKELUPAS
l
Penyebab:
Penyebab terjadinya dempul terkelupas pada body
kendaraan dapat disebabkan oeh benturan pada bodi kendaraan dan tertimpa benda
yang kerasndan berat yang menyebabkan dempulbpada body kendaraan menjadi relak
dan akhirnya dempul mejadi terkelupas.
l
Metode Perbaikan:
Untuk memperbaiki dempul yang terkelupas pada body
kendaraan dapat dilakukan dengan cara mendempul dilanjutkan dengan melakukan
pengecatan ulang.
l
Biaya Perbaikan:
Jika
terkelupasnya harus dilakukan pendempulan ulang dan pengecetan satu
panel biasanya akan dikenakan biaya Rp 400.000-Rp 500.000,berbeda jika terelupasnya
ringan akan dikenakan tarif Rp 250.000-Rp300.000
12.
CAT RETAK-RETAK
l
Penyebab:
Penyebab terjadinya cet retak-retak pada body
kendaraan dapat disebabkan oleh terlalu sering memparkir kendaraan dibawah
terik matahari dalam jangka waktu yang lama.
l
Metode Perbaikan:
Untuk memperbaiki cat yang retak pada body kendaraan
dapat dilakukan dengan cara terlebih dahulu membersihkan permukaan yang retak
menggunakan grease remover dan wax.Setelah itu dapat dilakukan pengecatan ulang
pada bodi mobil yang retak.Jika dibutuhkan pendempulan maka dapat dilakukan
pendempulan sebelum melakukan pengecatan ulang.Pedempulan dilakukan jika
retakan pada body kendaraan tergolong parah dan menyebabkan permukaan body
kendaraan tidak rata.
l
Biaya Perbaikan:
Biasanya untuk estimasi sendiri bisa mencapai diatas
Rp 500.000-Rp 900.000 untuk satu panel
c. Hasil
di isi foto hasil praktek kalian ia
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Selama satu bulan penyusun melaksanakan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) banyak sekali manfaat yang di peroleh untuk
proses pembelajaran di masa sekarang dan masa yang akan datang. Manfaat yang
penyusun dapat antara lain :
1.
Mendapat ilmu dan pengetahuan baru
2.
Mendapat pengalaman kerja
3.
Mematangkan kemampuan penyusun untuk
memasuki dunia kerja
4.
Dengan melaksanakan prakerin saya dapat
mengenal dunia kerja yang nyata sehingga saya mempunyai gambaran dan kesiapan
untuk menghadai dunia kerja yang persaingannya semakin ketat.
5.
Dalam melaksanakan prakerin penulis
dapat menerapkan atau mempraktekan teori yang di peroleh dari sekolah di tempat
prakerin.
6.
Dengan adanya prakerin sangat menunjang
kemampuan keahlian body otomotif.
7.
Kerja sama yang baik dan komunikasi
yang baik menghasilkan kesuksesan jalannya kerja suatu bengkel.
B.
Saran
Sekolah :
1.
Diharapkan sekolah dapat menempatkan
siswa bekerja sesuai dengan kemampuan dan keahlianya.
2.
Saya harap supaya data mata pelajaran
lebih di tingkatkan dalam penyampaian materi atau praktek
3.
Para guru jangan pilih kasih pada
setiap murid karena setiap murid berhak mendapat kasih sayang setiap pelajaran
4.
Sebaiknya sekolah membekali siswa
secukupnya sebelum berangkat prakerin
5.
Selalu mengarahkan siswa agar lebih baik
lagi
Siswa :
1.
Untuk memasuki dunia usaha di butuhkan
keterampilan yang baik.
2.
Persiapan mental, kedisiplinan yang
kuat agar dapat bersosialisasi dan mampu beradaptasi dengan dunia industri.
3.
Dapat menaati semua peraturan yang
berlaku
4.
Bersikap positif penuh semangat,
kreatif, inisiatif, dan inovatif dalam bekerja
5.
Gunakan waktu prakerin sebaik mungkin