HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan ini telah diajukan, diperiksa dan disahkan oleh Kepala Sekolah
dan Ketua Program Kejuruan Jasa Boga, serta pembimbing di SMK pada :
Hari :
Tanggal :
Tempat :
Kaprodi Jasa Boga Pembimbing
nama Nama
NIP. NIP.
Mengetahui,
Kepala
SMK
Nama
NIP.
HALAMAN PENGESAHAN INSTANSI
Telah dipertahankan di depan panitia dan dinyatakan telah memenuhi syarat
untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran
2016/2017 pada :
Hari :
Tanggal : 22 Desember 2016
Tempat : Resto Selera Roso
Manager Pembimbing
Resto Selera Roso
Nama Nama
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT
karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
Terselesainya laporan ini tidak luput dari bantuan dan motivasi serta
partisipasi dari semua pihak, untuk itu dengan segala kerendahan hati penulis
menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada :
1.
Bapak .................., selaku Kepala Sekolah SMK ............ yang telah memberi izin kepada penyusun untuk melaksanakan Prakerin
2.
Bapak Ivan Christian Susanto, selaku Kepala Resto
Selera Roso
3.
Bapak ..........................................., selaku Waka
Humas/Hubin SMK................ yang telah membantu kelancaran kegiatan Prakerin
4.
Ibu Meta Kurniasih, selaku Ketua Program Keahlian Jasa
Boga yang telah membantu kelancaran kegiatan Prakerin
5.
Ibu ...................................., selaku Pembimbing Prakerin Program Keahlian
Jasa Boga SMK..................
6.
Bapak/Ibu Guru, Staff dan Karyawan serta Karyawati SMK............ yang telah membantu dalam kegiatan Prakerin
Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa laporan ini memiliki banyak
kekurangan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat
penulis harapkan. Semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua
pihak yang berkepentingan.
......................, Maret 2017
Penyusun
PERSEMBAHAN
Laporan Praktek Kerja Industri
(Prakerin) Tahun Ajaran 2016/2017 yang telah berhasil disusun, saya
persembahkan kepada :
1.
Kedua orang tua dan keluarga
2.
Drs. ..............., selaku Kepala SMK ....................... yang saya
hormati
3.
Ibu ........................, selaku Kaprodi Jasa Boga
4.
Ibu .........................., selaku Pembimbing Prakerin
5.
Bapak.....................Susanto, selaku Manager Resto
Selera Roso
6.
Pemilik dan karyawan Resto Selera Roso
7.
Guru beserta staf karyawan SMK ..............
8.
Teman-teman di SMK .......................
9.
Seluruh pihak yang telah membantu dalam menyusun
laporan ini
10. Serta
diri sendiri sebagai pengalaman yang amat berharga
MOTTO
v
Hanya kebodohan yang meremehkan pendidikan
v
Bunga yang tidak akan layu sepanjang jaman
adalah kebajikan
v
Kebajikan dan kebijakan adalah perisai hidup
terbaik
v
Dia yang tahu, tidak bicara, Dia yang bicara,
tidak tahu
DAFTAR ISI
Halaman
Judul ................................................................................................ i
Halaman
Pengesahan Sekolah.........................................................................
Halaman
Pengesahan Instansi .........................................................................
Motto
..............................................................................................................
Kata
Pengantar ...............................................................................................
Persembahan
...................................................................................................
Daftar
Isi .........................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Prakerin ...............................................................
B.
Tujuan Prakerin..............................................................................
C.
Waktu dan Tempat Prakerin .........................................................
D.
Metode Pengumpulan Data ..........................................................
BAB
II PENGENALAN INSTITUSI TEMPAT PRAKERIN
A.
Sejarah Singkat Industri................................................................
B.
Struktur Organisasi
......................................................................
C.
Denah Lokasi Resto Selera Roso ..................................................
D.
Pengetahuan dan Keterampilan Baru ...........................................
E.
Bagian yang dipegang selama Prakerin.........................................
F.
Fasilitas .........................................................................................
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan ...................................................................................
B.
Saran .............................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah satu bentuk
metode penyelenggaraan pendidikan keahlian serta professional untuk mencapai
hasil yang baik sesuai dengan bidangnya. Tenaga kerja yang dibutuhkan bagi
industri sekarang ini harus memiliki kemampuan dan keahlian yang tinggi untuk
meningkatkan sumber daya manusia agar mampu bersaing dengan Negara lainnya.
Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 323/U/1997, dijelaskan bahwa setiap SMK wajib melaksanakan
praktek kerja industri (PRAKERIN). Dasar pelaksanaan prakerin yaitu keterkaitan
dan kesepadanan yang telah melahirkan reformasi penyelenggaraan pendidikan di
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), salah satu reformasi itu adalah timbulnya
kesadaran SMK untuk mendidik dan melatih siswanya yang diperlukan lembaga lain,
yaitu Dunia Kerja. Keduanya bersama-sama mengacu tercapainya standar kemampuan
tamatan.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa salah satu
perubahan penting dan mendasar dalam sistem pendidikan kejuruan yang dimulai
sejak tahun 1994 dengan diterapkannya pendidikan sistem ganda yaitu proses
pendidikan di dua tempat yaitu di sekolah dan di dunia kerja yang terwujud
dengan adanya Praktek Kerja Industri (Prakerin).
B. Tujuan Prakerin
1.
Bagi Siswa
a.
Setelah tamat siswa meiliki keahlian
professional sebagai bekal meningkatkan
taraf hidup dan pengembangan diri.
b.
Setelah tamat siswa tidak memerlukan
waktu tambahan untuk latihan lanjutan guna mencapai tingkat keahlian yang siap
pakai.
c.
Keahlian yang diperoleh dapat mengankat harga
diri dan rasa percaya diri siswa yang
selanjutnya mendorong mereka untuk mencapai keahlian professional pada tingkat
yang lebih tinggi
d.
Memberi pengakuan dan penghargaan
terhadapa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
2.
Bagi Sekolah
a.
Terjaminnya tujuan pendidikan kearah
keahlian professional
b.
Terdapat kesesuaian antara program
pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja
c.
Memberi kepuasan bagi sekolah karena
tamatannya lebih terjamin memperoleh bekal yang bermakna bagi kita semua
d.
Meningkatkan efisiensi proses pendidikan
dan pelatihan tenaga kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
C. Waktu dan Tempat
Hari, tanggal : 22 Desember 2016 – 22 Maret 2017
Tempat :
Resto Selera Roso
Alamat :
Jalan Raya Ajibarang, Bumiayu, Kabupaten
Banyumas
Buka :
Pukul 08.00 – 22.00 WIB
D. Metode Pengumpulan Data
Dalam
menyusun laporan prakerin penyusun menggunakan beberapa metode pengumulan data.
Berikut merupakan beberapa metode yang dilakukan penyusun untuk mengumpulkan
data.
1.
Motode
Observasi
Yaitu mengadakan pengamatan secara langsung
terhadap bjek yang diamati, yaitu dengan melihat langsung pada tempat prakerin
yang meliputi area tempat makan, kedisiplinan karyawan, cara kerja karyawan, cara
melayani tamu, dan cara pengolahan makanan.
2.
Metode
Interview (Wawancara)
Yaitu dengan berkomunikasi secara langsung dengan
orang-orang yang mengetahui masalah atau persoalan yang diperlukan untuk
menyusun laporan.
3.
Metode
Literature (Perpustakaan)
Yaitu penyusun mencari maupun meminjam buku-buku
tentang menu yang terdapat di rumah makan Gubug Banyumas Utama
4.
Metode
Praktik Langsung
Yaitu penyusun mengadakan prakerin secara
langsung selama tiga bulan untuk mengetahui cara kerja dalam bidang pelayanan
dan tentang usaha jasa boga. Sehingga penulis dapat memperoleh data secra nyata
dan akurat.
BAB II
ISI LAPORAN PRAKERIN
A. Sejarah Singkat Industri
Awalnya lahan yang sekarang digunakan sebagai restoran
Selera Roso adalah sebuah tanah kosong. Resto Selera Roso berdiri pada tahun
2001 pada saat itu Resto Selera Roso dikelola oleh Bapak Bambang.
Sebelum nama Selera Roso, rumah makan tersebut diberi
nama sumber rasa yang bergabung dengan PD. Sumber Alam. Kemudian nama rumah
makan tersebut diganti kembali menjadi Selera Rasa.
Pada tahun 2012, pimpinan Selera Rasa berganti kepada
Bapak Ivan Christianto. Pada saat itu pula Selera Rasa diganti dengan nama Restoran
Selera Roso.
B. Struktur Organisasi
Struktur Organisasi
Service
Struktur Organisasi
Kitchen
C. Denah Restoran Selera Roso
D. Pengetahuan dan Keterampilan Baru
1.
Tugas Waiters
a.
Menyambut tamu (Greeting)
b.
Memberikan buku menu (mengorder)
c.
Menjelaskan apa yang ada dalam buku menu (bila diminta)
d.
Menyajikan makanan atau minuman
e.
Menunjukkan bon pembayaran dari tamu jika nos diminta
f.
Mengucapkan terima kasih
g.
Membersihkan dan resetting pada semua (clear up)
2.
Pengetahuan yang baru didapat selama Prakerin
a.
Kita dapat mengetahui dan merasakan dunia kerja yang
sebenarnya
b.
Kita dapat melatih kedisiplinan dalam bekerja
c.
Kita dapat mengetahui cara mengorder makanan dan
minuman
d.
Kita dapat mengetahui cara mengemas makanan dan minuman
e.
Kita dapat mengetahui cara pengemasan makanan
f.
Kita dapat mengetahui cara menyiapkan dan menyajikan
makanan
g.
Kita dapat mengombinasikan masakan
h.
Kita dapat mengetahui menggoreng mendoan dengan alat
khusus
i.
Kita dapat mengetahui harga-harga makanan
j.
Kita dapat mengetahui cara menyiapkan bahan masakan
E. Bagian yang Dipegang Selama Prakerin
1.
Bagian Waiter
a.
Membersihkan semua meja tamu
b.
Taking order
c.
Mengantarkan pesanan
d.
Menyajikan makanan dan minuman
e.
Membuat garnish
f.
Melipat tissue
g.
Membungkus makanan
h.
Menata meja tamu
i.
Guest Bill
j.
Clear Up
k.
Closing Area
2.
Bagian Minuman
a.
Menata buah di etalase
b.
Membuat macam-macam minuman
c.
Mengupas buah-buahan
d.
Membersihkan conter minuman
3.
Bagian di Dapur 1 (Membuat nasi dan mendoan)
a.
Menyiapkan bahan-bahan masakan yang telah dipesan
b.
Menyiapkan alat-alat untuk menaruh makanan yang dipesan
c.
Membersihkan peralatan yang telah dipakai
d.
Membuat sambal kecap
4.
Bagian Dapur 2
a.
Membersihkan area dapur
b.
Mengupas bumbu (bawang merah, bawang putih, bawang
bombay)
c.
Memetik kangkung
d.
Mengupas sayuran/bahan makanan pada saat datang belanja
yang di tempat sesuai dengan bahan dan tempat penyimpanan
e.
Closing area dapur
5.
Fasilitas
-
Lesehan
-
Meeting room
-
Toilet wanita
-
Toilet pria
-
Rest Area
-
Mushola
-
Ayunan
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Pelayanan dan keramahan sangat diutamakan untuk
kesuksesan usaha
2.
Tersenyum adalah kunci dari sebuah keberhasilan dalam
pelayanan
3.
Kedisiplinan sangat diutamakan
4.
Etika dan ketelitian harus selalu dipakai dalam
melakukan pekerjaan
5.
Siswa dapat memperoleh wawasan yang luas dalam bidang
usaha
B. Saran
1.
Untuk Industri
-
Kebersamaan dalam bekerja harus dipertahankan
-
Kebersihan harus lebih dikembangkan lagi
-
Pelayanan yang baik haruslah ramah dan murah senyum
-
Cita rasa masakan harus lebih disamakan
-
Sanitasi dan hygiene yang paling diutamakan
2.
Untuk Sekolah
-
Harus memiliki komunikasi yang baik
-
Lebih mengawasi siswa-siswi prakerin
-
Lebih memotivasi dan memberikan masukan-masukan yang
banyak dan tepat